Jumat, 16 Januari 2009

Kita sebelumnya sudah mengenal beberapa organisasi di bidang computer security seperti IETF, ETSI dan lain sebagainya. Kali ini penulis akan sajikan beberapa organisasi di dunia yang saat ini sedang giat-giatnya melakukan aktivitas di bidang computer security demi membuat dunia maya ini menjadi lebih aman bagi kita semua. Organisasi inilah yang selalu berpartisipasi dalam proses penciptaan berbagai macam standar dalam dunia komputer seperti IPSec, NAT, PKIX, SYSLOG dan lain sebagainya. Mari kita simak saja tulisan ini.
Alliance for Telecommunications Industry Solutions (ATIS)ATIS merupakan badan di Amerika Serikat yang memiliki komitmen untuk membangun dan mempromosikan standar teknis maupun operasi dalam dunia telekomunikasi yang berhubungan dengan teknologi informasi bagi kalangan industri. Mereka melakukannya secara terbuka, pragmatis dan juga fleksibel. ATIS mendapat akreditasi dari American National Standards Institute (ANSI).
The CERT Coordination CenterLembaga ini didanai oleh federal Amerika Serikat dan berlokasi di Carnegie-Mellon University. Lembaga ini dipercaya sebagai pusat koordinasi bagi setiap insiden terhadap computer security yang terjadi di dunia ini.
Communications Security EstablishmentCSE memberikan advis teknis dan juga bantuan dan layanan kepada pemerintah Kanada untuk memelihara keamanan informasi dan sekaligus juga infrastrukturnya. Dia juga memberikan asistensi teknis dan juga panduan operasional kepada pihak penegak hukum dan juga agen keamanan.
ICSAIni merupakan suatu sertifikasi yang menandakan apakah suatu produk security dinyatakan aman atau tidak. Produk keamanan bisa meliputi firewall, VPN dan yang lainnya.
International Telecommunication Union (ITU)Walaupun ini merupakan lembaga di bidang telekomunikasi, tetapi mereka saat ini memiliki suatu inisiatif dalam bidang computer security, dimana sesama anggotanya nanti diharapkan bisa saling bertukar informasi mengenai bidang tersebut dan menghasilkan keuntungan bagi semua pihak yang terlibat di dalamnya.
Internet Security AllianceOrganisasi ini mempromosikan information security baik dari sisi kebijakan, teknologi dan juga hal-hal lain yang bisa membantu dalam meningkatkan keamanan pada dunia internet dan juga keamanan informasi secara global.
National Reliability and Interoperability Counci (NRIC)Merupakan bagian dari Homeland Security Working Group, dimana NRIC bekerja untuk memastikan reliabilitas, interoperabilitas, interkonektivitas dan juga aksesabilitas dari jaringan telekomunikasi publik.
The National Coordinating Center (NCC) for Telecommunications - Information Sharing and Analysis Center (Telecom-ISAC)Banyak perusahaan top dunia bekerjasama dengan pemerintah Amerika Serikat dan juga dunia industri dalam menyelidiki berbagai peristiwa seputar computer security. NCC mendapatkan informasi mengenai ancaman, intrusion dan juga anomali yang terjadi dalam hubungannya dengan computer security. Selain itu informasi tadi akan dianalisa dan juga akan disebarkan kepada semua pihak yang memerlukan di dalam organisasi tersebut.
SANS: System Administration Networking Security InstituteMerupakan suatu organisasi riset dan edukasi yang sifatnya kooperatif. Di SANS terdapat lebih dari 96.000 system administrator, profesional di bidang security dan juga para network administrator yang saling berbagi ilmu pengetahuan untuk mencari solusi bagi masalah-masalah yang timbul. SANS ini didirikan pada tahun 1989 dan komunitas dari SANS ini memiliki empat macam produk yaitu:
System and security alerts and news updates
Special research projects and publications
In-depth education
Certification
Demikian tulisan sederhana mengenai berbagai macam organisasi seputar computer security yang ada di dunia ini. Semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Tidak ada komentar: